Entri Populer

Minggu, 09 Oktober 2011

Logika Saintifik 2



1.      Pengertian Logika sehari-hari, Logika sebagai ilmu dan Logika Saintifik:
·         Logika  sehari-hari adalah Logika alamiah, Logika natural dan kerja akal yang sesuai dengan kodrat.
·         Logika sebagai ilmu adalah ilmu bisa menjadi disiplin, sesuai dengan ketentuan alamiah dan sudah menggunakan hukum-hukum, aturan-aturan.
·         Logika Saintifik adalah ilmu praktis atau terapan. Logika Saintifik juga harus mengikuti hukum-hukum, aturan serta harus benar dan bertumpu pada realitas (dialektis).
2.      Apa yang dimaskud praktis normatif dan kaitannya dengan objek material?
·         aspek praktis adalah sesuai akal. Sedangkan aspek normatif adalah sesuai dengan hukum, aturan. Kaitan dengan objek material adalah pikiran manusia (kerja akal) yang praktis(sesuai akal) dan normatif(sesuai hukum dan aturan).
3.      Logika benar dan sah menurut kodrat pikiran. Contoh: Besar bukan kecil. 10 lebih besar dari 3.
4.      Perbedaan Logika dan berpikir kreatif:
·         Logika berarti berpikir sesuai hukum, asas-asas, prinsip-prinsip dan aturan berpikir untuk membedakan penalaran yang beanr dan salah. Sedangkan berpikir kreatif pada mulanya tidak mempertimbangkan dengan logika dan melihat objek atau masalah dari banyak segi. Berpikir kreatif berarti mengembangkan hal kreatif, luas, inovatif, cerdas dan cerdik dalam penemuan solusi.
5.      Tujuan Logika Saintifik untuk mengadakan pandangan tentang kelurusan perjalanan pikiran mansuia serta menentukan apa yang seharusnya, bagaimana pikiran itu dilaksanakan agar memenuhi tuntutan penalaran yang benar dan salah. Manfaatnya adalah kemampuan berpikir kita akan berkembang dan mahir.
Kesimpulannya Logika Saintifik tidak hanya mengajak kita untuk berpikir cermat, cerdas, cepat tapi juga dapat memilih mana yang dapat diterima oleh akal dan apakah sesuatu yang kita pikirkan itu sesuai dengan ilmiah (science).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar