Entri Populer

Minggu, 09 Oktober 2011

Logika Saintifik 1


Ketika kita duduk di bangku kuliah tentu kita memiliki keinginan dan cita-cita yang ingin kita raih dan harus kita dapatkan, yaitu Sukses, Berhasil, dan Terbaik (SBT). Untuk mendapatkan SBT kita memiliki tujuan yang harus kita capai, yaitu memperoleh ilmu sebanyak-banyaknya, menguasai ilmu yang diperoleh, menggunakan, memanfaatkan, menikmati, memberikan, dan mengembangkan.
Untuk mencpai tujuan tersebut ada kunci SBT yang dapat kita jalankan:
a.       Harus ada perubahan keilmuwan. Yang perlu kita lakukan adalah merubah mentalitas keilmuwan: selalu haus ilmu, membaca, ilmu menjadi kebutuhan; kritis berarti bisa membedakan yang benar dan salah; bertanggung jawab (mandiri).
b.      Disiplin: membuat jadwal dan rencana harian yang akan kita lakukan.
c.       Mengatur waktu.
Logika Saintifik  mengajak kita agar kita berpikir sesuai dengan asas-asas, sistematis, analitis, kritis dan bertanggung jawab, serta agar kita bijak dalam berpikir, berucap, dan berlaku. Dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kita agar lebih cermat/ teliti, cepat, cerdas, dan cerdik.
Logika Saintifik berasal dari kata “logos” yang artinya perkataan, ilmu, pikiran, pengetahuan dan “Saintific” yang berarti science atau ilmiah. Menurut istilah Logika Saintifik adalah ilmu praktis normatif yang mempelajari asas-asas, prinsip-prinsip, hukum-hukum, bentuk-bentuk pikiran dan aturan berpikir yang jika dipatuhi bisa mengantar kita untuk berpikir lurus, shahih, tepat, dan benar untuk mencapai kesimpulan yang benar.
Jadi, kesimpulannya logika saintifik tidak hanya mengajak kita untuk berpikir cermat cepat dan cerdik tapi juga dapat memilih mana yang dapat diterima oleh akal/ pikiran dan apakah sesuatu yang kita pikirkan sesuai dengan ilmiah (science).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar